Langsung ke konten utama

5P DAN 7P DALAM PEMASARAN

5P DAN 7P DALAM PEMASARAN

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang 5P dan juga 7P yang ada dalam pemasaran.

Sebelum itu saya akan membahas tentang bauran pemasaran 5P dan 7P. Marketing mix atau yang diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi bauran pemasaran adalah suatu strategi penjualan atau promosi serta penentuan harga yang bersifat unik serta dirancang untuk menghasilkan pertukaran yang saling menguntungkan untuk pasar yang dituju.

Selanjutnya kita akan membahas tentang 5P

5P adalah seperangkat taktik pemasaran yang diakuiyang dapat Anda gunakan dalam setiap kombinasi untuk memuaskan pelanggan di pasar sasaran Anda5P dapat dikontrol, tetapi dengan lingkunganpemasaran internal dan eksternal AndaMenggabungkan taktik pemasaran yang berbeda ini untuk memenuhi 'kebutuhan dan keinginan dikenal sebagai menggunakanpelanggan Anda bauran pemasarantaktis '


5 Point yang terdapat dalam 5P, antara lain :
Product (Produk)
Produk mengacu pada apa yang Anda jualtermasuk semua fiturkeuntungan dan manfaat yang pelanggan Anda dapat menikmati dari membeli barang atau jasaKetika pemasaran produk AndaAnda harus berpikirtentang fitur utama dan manfaat pelanggan Anda inginkan atau butuhkantermasuk (namun tidak terbatas pada) stylingkualitasperbaikandan aksesorisAnda dapat menggunakan penelitian dan pengembangan untuk menginformasikan pengembangan produk baru dalam bisnis AndaPrice (Harga )Hal ini mengacu pada strategi harga untuk produk dan jasa Anda dan bagaimana hal itu akan mempengaruhi pelanggan AndaAnda harus mengidentifikasi berapa banyak pelanggan Anda siap untuk membayarberapa banyak mark-up yang Anda butuhkan untuk memenuhi biaya overheadmarginkeuntungan Anda dan metode pembayarandan biaya lainnyaUntuk menarik pelanggan dan mempertahankan keunggulan kompetitif Anda, Anda juga mungkin ingin mempertimbangkan kemungkinandiskon dan harga musimanPelajari lebih lanjut tentang harga produk Anda. Promotion (Promosi)Ini adalah kegiatan promosi yang Anda gunakan untuk membuat pelanggan Anda menyadari produk dan jasa Andatermasuk iklantaktik penjualan, promosi dan pemasaran langsungUmumnya ini disebut sebagaitaktik pemasaran. Pelajari lebih lanjut tentang kegiatan promosi
Place (TempatTempat adalah di mana produk dan jasa Anda terlihatdibuatdijual atau didistribusikanAkses bagi pelanggan untuk produk Anda adalah kunci dan penting untuk memastikan bahwa pelanggan dapat menemukan AndaAnda dapat mengatur diri Anda terpisah dari kompetisi Anda melalui desain ruang ritel Anda dan dengan menggunakan teknik visual merchandising yang efektifJika Anda tidak bisnis riteltempat ini masihmerupakan bagian penting dari pemasaran AndaPelanggan Anda mungkin perlu perputaran pengiriman cepatatau ingin membeli produk yang diproduksi secara lokalJika Anda memulai bisnis barumenemukan lokasi bisnis yang tepat akan menjadi taktik pemasaran kunciPeople (Orang)Orang merujuk kepada staf dan tenaga penjualan yang bekerja untuk bisnis Andatermasuk AndaKetikaAnda memberikan layanan pelanggan yang sangat baikAnda menciptakan pengalaman positif bagipelanggan Andadan dengan berbuat demikian memasarkan merek Anda kepada merekaPada gilirannyapelanggan yang sudah ada dapat menyebarkan berita tentang layanan yang sangat baik dan mengantarkan anda menuju arah kemenangan

Selain 5P , ada juga 7P dalam pemasaran.



Dalam komunikasi pemasaran ada beberapa elemen yang dipadukan yang terwujud dalam bauran komunikasi pemasaran terpadu, yaitu bauran pemasaran (marketing mix), lalu bauran promosi (promotion mix) yang sebenarnya adalah bagian dari marketing mix, namun kini lebih spesifik. Dan ada pula strategi-strategi komunikasi pemasaran tertentu, seperti strategi segmenting, targeting, pricing,dan positioning, dalam bauran pemasaran. Semua itu kembali pada kondisi perusahaan jasa yang melaksanakannya. Dalam marketing mix perusahaan jasa khususnya, ada unsur-unsur atau elemen yang menjadi dasar pertimbangan pengambilan keputusan dalam pembuatan strategi komunikasi pemasaran, yaitu 4P ditambah 3P : product, price, place, promotion, people, process, dan physical evidence.

Sekarang saya akan menjelaskan masing masing poin dari 7P, yaitu :

1. Product (The Services)
Produk jasa merupakan produk yang dapat memberikan manfaat, memenuhi kebutuhan konsumen, dan dapat memuaskan konsumen. Sesungguhnya pelanggan tidak membeli barang atau jasa, tetapi membeli manfaat dari sesuatu yang ditawarkan. Pengertian yang ditawarkan menunjukkan sejumlah manfaat yang didapat oleh konsumen, baik barang atau jasa maupun kombinasinya.

2. Price
Penetapan harga merupakan suatu hal penting. Perusahaan akan melakukan hal ini dengan penuh pertimbangan karena penetapan harga akan dapat mempengaruhi pendapatan total dan biaya. Harga merupakan faktor utama penentu posisi dan harus diputuskan sesuai dengan pasar sasaran, bauran ragam produk, dan pelayanan, serta persaingan.

3. Place
Tempat atau lokasi yang strategis akan menjadi salah satu keuntungan bagi perusahaan karena mudah terjangkau oleh konsumen, namun sekaligus juga menjadikan biaya rental atau investasi tempat menjadi semakin mahal. Tingginya biaya lokasi tersebut dapat terkompensasi dengan reducing biaya marketing, sebaliknya lokasi yang kurang strategis akan membutuhkan biaya marketing lebih mahal untuk menarik konsumen agar berkunjung. Dekorasi dan desain sering menjadi daya tarik tersendiri bagi para target konsumen. Kondisi bangunan juga menjadi persyaratan yang memberikan kenyamanan. Lokasi pemasaran juga menjadi bagian dari unsur place yang penting. Survey dan data-data yang efektif mengenai area pemasaran juga akan menjadi sangat penting sebelum menentukan tempat atau lokasi pemasaran

4. Promotion
Promosi merupakan suatu aktivitas dan materi yang dalam aplikasinya menggunakan teknik, dibawah pengendalian penjual/produsen, yang dapat mengkomunikasikan informasi persuasif yang menarik tentang produk yang ditawarkan oleh penjual/produsen, baik secara langsung maupun melalui pihak yang dapat mempengaruhi pembelian. Tujuan kegiatan promosi antara lain :
•Mengidentifikasi dan menarik konsumen baru
•Mengkomunikasikan produk baru
•Meningkatkan jumlah konsumen untuk produk yang telah dikenal secara luas
•Menginformasikan kepada konsumen tentang peningkatan kualitas produk
•Mengajak konsumen untuk mendatangi tempat penjualan produk
•Memotivasi konsumen agar memilih atau membeli suatu produk.

5. People
People merupakan aset utama dalam industri jasa, terlebih lagi people yang merupakan karyawan dengan performance tinggi. Kebutuhan konsumen terhadap karyawan berkinerja tinggi akan menyebabkan konsumen puas dan loyal. Kemampuan knowledge (pengetahuan) yang baik, akan menjadi kompetensi dasar dalam internal perusahaan dan pencitraan yang baik di luar. Faktor penting lainnnya dalam people adalah attitude dan motivation dari karyawan dalam industri jasa. Moment of truth akan terjadi pada saat terjadi kontak antara karyawan dan konsumen. Attitude sangat penting, dapat diaplikasikan dalam berbagai bentuk, seperti penampilan karyawan, suara dalam bicara, body language, ekspresi wajah, dan tutur kata. Sedangkan motivasi karyawan diperlukan untuk mewujudkan penyampaian pesan dan jasa yang ditawarkan pada level yang diekspetasikan.

6. Process
Process, mutu layanan jasa sangat bergantung pada proses penyampaian jasa kepada konsumen. Mengingat bahwa penggerak perusahaan jasa adalah karyawan itu sendiri, maka untuk menjamin mutu layanan (quality assurance), seluruh operasional perusahaan harus dijalankan sesuai dengan sistem dan prosedur yang terstandarisasi oleh karyawan yang berkompetensi, berkomitmen, dan loyal terhadap perusahaan tempatnya bekerja.

7. Physical Evidence
Building merupakan bagian dari bukti fisik, karakteristik yang menjadi persyaratan yang bernilai tambah bagi konsumen dalai perusahaan jasa yang memiliki karakter . Perhatian terhadap interior, perlengkapan bangunan, termasuk lightning system, dan tata ruang yang lapang menjadi perhatian penting dan dapat mempengaruhi mood pengunjung. Bangunan harus dapat menciptakan suasana dengan memperhatikan ambience sehingga memberikan pengalaman kepada pengunjung dan dapat membrikan nilai tambah bagi pengunjung, khususnya menjadi syarat utama perusahaan jasa dengan kelas market khusus.

Sekian yang bisa saya jabarkan mengenai bauran 5P dan 7P dalam pemasaran

*Referensi
https://karinov.co.id/pengertian-bauran-pemasaran-7p/ (Diakses pada kamis,8/11/2018. Pukul 20.25 WIB)
http://www.danisetiawanku.com/2011/01/7-p-dalam-bauran-pemasaran.html (Diakses pada kamis,8/11/2018. Pukul 21.20 WIB)




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rasio Keuangan

RASIO KEUANGAN Rasio keuangan menjelaskan suatu hubungan antara suatu jumlah tertentu dengan jumlah yang lain dalam suatu laporan keuangan. Tujuan analisis rasio keuangan dimaksudkan agar perbandingan-perbandingan yang dilakukan terhadap pos-pos dalam laporan keuangan merupakan suatu perbandingan yang logis, dengan menggunakan ukuran-ukuran tertentu yang memang telah diakui mempunyai manfaat tertentu pula, sehingga hasil analisisnya layak dipakai sebagai pedoman pengambilan keputusan.  Pada dasarnya rasio keuangan itu banyak macamnya dan dapat dibuat sesuai kebutuhan penganalisis, berikut ini merupakan jenis jenis ratio : 1.) Earning Ratio a.  DPS (DIviden Per Share): merupakan rasio untuk menghitung jumlah pendapatan yang dibagikan (dalam bentuk dividend) untuk setiap lembar saham biasa. b.  EPS ( Earnity Per Share)                 Earnity per share adalah besarnya laba per lembar saham yang diperoleh dalam suatu periode tertentu. Nilai dari EPS sangat diperlukan

Pengertian , Sejarah , Dan Jenis Jenis FinTech

Pada zaman modern saat ini banyak perusahaan perusahaan baru yang memanfaatkan teknologi . Salah satu contoh perusahaan baru yang bergerak di bidang teknologi dan informasi di dunia maya adalah FinTech. Dan pada kesempatan kali ini saya akan membahas pengertian,sejarah,dan jenis jenis FinTech. Pengertian FinTech Fintech adalah sebuah sebutan yang disingkat dari kata ‘ financial ’ dan ‘ technology ’ di mana artinya adalah sebuah inovasi di dalam bidang jasa keuangan. Inovasi yang ditawarkan Fintech sangat luas dan dalam berbagai segmen, baik itu B2B ( Business to Business ) hingga B2C ( Business to Consumer ). Menurut  National Digital Research Centre di Dublin, Irlandia mendefinisikan financial technology atau fintech sebagai: “innovation in financial services” atau “inovasi dalam layanan keuangan”.  Berikut beberapa contoh bisnis yang tergabung dalam FinTech : Startup pembayaran Peminjaman uang ( lending ) secara  peer to peer, Perencanaan keuangan (personal f